Kamis, 06 Agustus 2009

KAJIAN FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN TANAMAN PAKAN DAN NUTRISI TERNAK

Philosophy science studies in development forage crop and livestock nutrition

1) Hamdi Mayulu: Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Jl. Pasir Belengkong Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123);
2) C. Imam Sutrisno: Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro (Kampus drh. Soejono Koesoemowardojo Tembalang Semarang 50275).

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sampai dengan dewasa ini, khususnya dalam hal pemanfaatannya, cenderung semakin menyimpang dari arah pencapaian tujuan ilmu pengetahuan. Iptek belum bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat manusia. Bahkan pemanfaatan iptek yang tidak berimbang itu mengakibatkan kerusakan lingkungan alam dan sumberdayanya. Ilmu pengetahuan akan berguna dan mempunyai daya yang kuat untuk mensejahterakan manusia secara universal bila dalam pengaplikasiannya mengintegrasikan antara nilai-nilai ontologis, epistemologis, aksiologis dan nilai-nilai etis dalam kehidupan manusia dan masyarakatnya sebagaimana hakikat yang terkandung dalam filsafat ilmu. Kegiatan penelitian ilmiah dalam Ilmu Peternakan khususnya bidang tanaman pakan dan nutrisi ternak sudah seyognyanya mengedepankan aspek moral ilmu pengetahuan dengan menitikberatkan pada pentingnya filsafat ilmu dalam mencapai maksud dan tujuannya.

Kata kunci: filsafat ilmu, tanaman pakan, nutrisi, penelitian ilmiah, ternak.
Admin 2009 Agustus
Hamdi Mayulu,Ir.,M.Si

1 komentar:

  1. ipteks telah "gagal" mensejahterakan manusia karena ipteks itu hanya domainnya di logika dan muaranya adalah dunia materi. pentingnya pengembangan filosofi ilmu yang intelektual menuju spiritual. pengembangan intelektual semata menyebabkan dunia ini menjadi macet, seperti macetnya jalanan yang menjadi cermin macetnya manusia untuk menemukan kebahagiaan hakiki (materi dan non materi)

    BalasHapus

Komentar yang sopan,tidak melanggar etika