Kamis, 06 Agustus 2009

TINJAUAN PERKEMBANGAN KEMAJUAN BIOTEKNOLOGI MENURUT ASPEK ETIKA, SOSIAL DAN HUKUM

Review of development progress of biotechnology comply with ethic, social and law aspects

Hamdi Mayulu dan Endang Sawitri

1) Staf pengajar Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman Samarinda, Mahasiswa Doktor Ilmu Ternak UNDIP; 2) Staf pengajar Fakultas Kedokteran, Universitas Mulawarman Samarinda, Mahasiswa Doktor Ilmu Kedokteran UNDIP.

Abstract

The biotechnology had been extended in many field, such as agriculture, animal sciences and health sciences, so that purpose the people survive on life. Biotechnology means a technic which change the raw materials to perform the advantage commodities and usefulness by biology transformation for survival of the people life on long time. It is developed with multidisciplinary approach in molecular content. The basic sciences are base primary on biotech development and industry, which utilization of genetic engineering provide new insight for results the broad product. These faithful technology appear many controversy because they are not ensure to safety of biotech engineering transgenic product. The other effects was appeared it that internationally competition in biotechnology product business and marketing. These competition will be rise unrighteousness to development countries because they have not advance technology yet. The scientist who will doing the project research must be aware round as human on the earth. The scientific which can authorized just a view part of God authority and that we are mandatary of God in the earth which commanded for take care of the live equilibrium. The grace of Allah is very excellent, furthermore the people get of highest sciences for their self prosperity. Thus, the scientific can proportionally with ethical and morality. This is philosophy which can hold by our as the logic people to advance of science and knowledge without destroy of ethic and morally both material and spiritual.

Keywords: biotechnology, transgenic, ethical aspect, social aspect, law aspect.


Abstrak

Bioteknologi sudah merebak di banyak bidang seperti, pertanian, peternakan, kesehatan, yang semuanya bertujuan agar kita survival dalam kehidupan. Makna bioteknologi adalah teknik yang mengubah suatu bahan mentah melalui proses transformasi biologi untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat demi kelangsungan hidup manusia sepanjang hayatnya. Bioteknologi dikembangkan melalui pendekatan multidisipliner dalam wacana molekuler. Ilmu-ilmu dasar merupakan tonggak utama pengembangan bioteknologi maupun industri bioteknologi, dimana pemanfaatan teknologi rekayasa genetik memberikan dimensi baru untuk menghasilkan produk yang tidak terbatas. Seperti halnya kemantapan jalan bioteknologi ini, banyak pihak yang kontra karena mereka tidak menjamin keamanan hasil transgenik rekayasa bioteknologi, malah membahayakan. Dampak lain yang dapat ditimbulkan oleh bioteknologi adalah persaingan internasional dalam perdagangan dan pemasaran produk bioteknologi. Persaingan tersebut dapat menimbulkan ketidakadilan bagi negara berkembang karena belum memiliki teknologi yang maju. Setiap ilmuwan yang akan mengadakan penelitian harus sadar akan kedudukannya sebagai manusia di bumi ini, bahwa ilmu pengetahuan yang dapat dikuasainya hanyalah sebagian kecil saja dari ilmu yang dikuasai oleh Tuhan, dan bahwa ia hanya pesuruh-Nya di bumi ini yang diminta untuk menjaga keseimbangan antara mahluk yang ada di bumi. Begitu mengagumkan karunia Allah SWT yang menciptakan otak dan akal pada manusia. Dengan kecerdasan, manusia mencari ilmu setinggi-tingginya demi kesejahteraan manusia sendiri. Dengan mengingat bahwa semua yang ada dalam diri adalah pemberian-Nya, maka ilmu pengetahuan pun dapat sejalan dengan etika dan moral. Inilah filsafat yang harus kita pegang sebagai manusia berakal untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tanpa kerusakan moral, etika, dan bahaya material spiritual.

Kata kunci: bioteknologi, transgenik, aspek etika, aspek sosial, aspek hukum.

Admin 2009 Agustus
Hamdi Mayulu,Ir.,M.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang sopan,tidak melanggar etika